BERANDA ABOUT HUBUNGI KAMI F.A.Q
BERANDA ABOUT HUBUNGI KAMI F.A.Q
MENU trigram
Your Position   Home   >   F.A.Q.

faq
1
Apakah Akad Ujrah ?
 

Jawaban :
UJRAH adalah UPAH, yang akan diberikan kepada Amil yang bertugas untuk mengambil Angsuran yang dikeluarkan oleh Anggota koperasi baik berupa Angsuran Pinjaman.

Adapun proses pengambilan UJRAH pada anggota dapat dipahami dalam ilustrasi berikut :

Pada suatu hari Si Udin sebagai anggota KSP Syariah IKHLAS telah mengajukan pinjaman sebesar Rp. 2.000.000, lalu Si Udin menerima uang pinjaman sebesar Rp. 1.930.000 karena pihak peminjam menitipkan dana sebesar Rp. 70.000. Dalam hal dana sebesar Rp. 70.000 tersebut menggunakan akad yang disebut UJRAH atau UPAH akibat IJARAH untuk diberikan kepada Amil sebagai dana pengganti jasa yang bertugas menagih angsuran bulanan kepada Si Udin setiap bulannya. Peminjam juga dipersilahkan memberikan Upah tersebut pada saat amil atau kolektor datang menagih setoran awal anggota peminjam. Dalam hal ini juga peminjam dipersilahkan tidak mengeluarkan dana Rp. 70.000 tersebut asalkan bersedia menyetor ke Kantor KSPPS IKHLAS tanpa menggunakan jasa amil atau kolektor.

2
Apa itu Margin ?
 

Jawaban :
Keuntungan yang diperoleh koperasi atas hasil transaksi penjualan dengan pihak pembelinya.

3
Apa itu Nishbah ?
 

Jawaban :
Proporsi pembagian keuntungan (bagi hasil) antara pemilik dana (shahibul Maal) dan pengelola dana (mudharib) atas hasil usaha yang dikerjasamakan.

4
Apa itu Pembiayaan Mudharabah ?
 

Jawaban :
Suatu akad kerjasama permodalan usaha dimana koperasi sebagai pemilik modal (shahibul modal) menyetorkan modalnya kepada anggota, calon anggota, koperasi-koperasi lain dan atau anggotanya sebagai pengusaha (mudharib) untuk melakukan kegiatan usaha sesuai akad dengan pembagian keuntungan dibagi bersama sesuai dengan kesepakatan (nishbah), dan apabila rugi ditanggung oleh pemilik modal sepanjang bukan merupakan kelalaian penerima pembiayaan.

5
Apa itu Pembiayaan Musyarakah ?
 

Jawaban :
Suatu akad kerjasama permodalan usaha antara koperasi dengan satu pihak atau beberapa pihak sebagai pemilik modal pada usaha tertentu, untuk menggabungkan modal dan melakukan usaha bersama dalam suatu kemitraan, dengan nisbah pembagian hasil sesuai kesepakatan para pihak, sedang kerugian ditanggung secara proporsional sesuai dengan kontribusi modal.

6
Apa itu Piutang Ijarah?
 

Jawaban :
Suatu tagihan akad sewa-menyewa antara muajir (Lessor/penyewa) dengan musta'jir (lessee / yang menyewakan) atas ma’jur (objek sewa) untuk mendapatkan imbalan atas barang yang disewakannya.

7
Apa itu Piutang Murabahah ?
 

Jawaban :
Suatu tagihan atas transaksi penjualan barang dengan menyatakan harga perolehan dan keuntungan (margin) yang disepakati pihak penjual (koperasi) dan pembeli (anggota, calon anggota, koperasi-koperasi lain, dan atau anggotanya) dan atas transaksi jual-beli tersebut, yang mewajibkan anggota untuk melunasi kewajibannya sesuai jangka waktu tertentu disertai dengan pembayaran imbalan berupa marjin keuntungan yang disepakati dimuka sesuai akad.

8
Apa itu Simpanan Wadiah Yad Dhamanah ?
 

Jawaban :
Simpanan anggota pada koperasi dengan akad wadiah / titipan namun dengan seijin penyimpan dapat digunakan oleh unit usaha (toko/simpin) untuk kegiatan operasional koperasi, dengan ketentuan penyimpan tidak mendapatkan bagi-hasil atas penyimpanan dananya, tetapi bisa dikompensasi dengan imbalan bonus yang besarnya bonus ditentukan seusai kebijakan dan kemampuan koperasi.

9
Apa itu Simpanan Mudharabah Al-Muthalaqah ?
 

Jawaban :
Tabungan anggota pada koperasi dengan akad mudharabah al-muthalaqah yang diperlakukan sebagai investasi anggota untuk dimanfaatkan secara produktif dalam bentuk pembiayaan kepada anggota koperasi, calon anggota, koperasi-koperasi lain dan atau anggotanya secara professional dengan ketentuan penyimpan mendapatkan bagi hasil atas penyimpanan dananya sesuai nishbah (proporsi bagi hasil) yang disepakati pada saat pembukaan rekening tabungan.

10
Apa itu Mudharabah Berjangka ?
 

Jawaban :
Tabungan anggota pada koperasi dengan akad mudharabah al-muthalaqah yang penyetorannya dilakukan sekali dan penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu menurut perjanjian antara penyimpan dengan koperasi yang bersangkutan.

11
Apa perbedaan zakat, infaq, dan shadaqah?
 

Jawaban :
Zakat merupakan harta yang wajib ditunaikan oleh seorang muslim sesuai dengan ketentuan zakat yang ada. Zakat memiliki ketentuan tersendiri dan harus disalurkan kepada 8 golongan mustahiq.

Infaq merupakan harta yang diberikan kepada orang lain atau orang yang membutuhkannya dengan mengharapkan ridha dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Infaq disebut juga zakat sunnah, karena hukum infaq tidak wajib. Infaq tidak memiliki ketentuan tersendiri (artinya infaq bisa bebas diberikan kapan saja dan berapa saja) dan dapat disalurkan kepada banyak sektor kehidupan.

Shadaqah merupakan kebaikan yang dilakukan oleh orang muslim secara umum. Shadaqah lebih luas daripada infaq. Infaq termasuk shadaqah tetapi shadaqah belum tentu infaq. Contoh shadaqah non-infaq antara lain senyum kepada muslim lainnya, menyingkirkan batu yang menganggu di suatu jalan umum, dan sejenisnya.

 
Mari Ikhtiarkan Konsep Syari'ah Dalam Nilai-Nilai Koperasi Dengan Menerapkan Prinsip Shiddiq Yang Mencerminkan Kejujuran, Akurasi Dan Akuntabilitas, Istiqamah Yang Mencerminkan Konsistensi, Komitmen Dan Loyalitas, Tabligh Yang Mencerminkan Transparansi, Kontrol, Edukatif, Dan Komunikatif, Amanah Yang Mencerminkan Kepercayaan, Integritas, Reputasi, Dan Kredibelitas, Fathanah Yang Mencerminkan Etos Profesional, Kompeten, Kreatif, Inovatif, Ri'ayah Yang Mencerminkan Semangat Solidaritas, Empati, Kepedulian, Awareness, Mas'uliyah Yang Mencerminkan Responsibilitas
© Hak Cipta 2018, KSPPS IKHLAS.
© Hak Cipta 2018, KSPPS IKHLAS.